"Dan Tuhamu mewahyukan kepada lebah: "Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohonkayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia."(16: 68)

"Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan"(16: 69)

Pages

Sunday, September 6, 2015

Membedakan Madu Asli dan Madu Palsu

Membedakan Madu Asli dan Madu Palsu tidak bisa hanya pada kekentalannya saja, banyak orang beranggapan jika madu asli itu sudah pasti kental dan madu palsu sudah pasti encer. Padahal bisa jadi kedua-duanya Asli ataupun palsu (baca kadar air padaMadu Asli).

Berikut ini beberapa metode tradisional yang dapat digunakan untuk menguji keaslian madu.

1.  Masukkan Madu Asli kedalam Lemari Es
Madu Asli tidak membeku terhadap suhu dingin Lemari Es, sedangkan madu palsu/campuran tentu akan mengalami pembekuan karena sudah banyak tercampur dengan air atau bahan lainnya.

2.  Tuang Madu Asli diatas kertas
Madu Asli tidak akan menembus kertas, sedangkan madu palsu yang sudah bercampur dengan air akan menembus kertas.
3.  Bakar Madu Asli sampai mengelembung
Tuangkan madu asli kedalam sendok makan, kemudian siapkan lilin untuk membakar bagian bawah sendok, jika suhu sudah panas, madu asli akan mengeluarkan gelembung-gelembung sampai dengan meluber/meluap dari sendok, sedangkan madu palsu tidak akan meluber keluar sendok.
4.  Masukkan Korek Api kedalam Madu Asli
Korek Api batang jika ujung kepalanya diolesi oleh madu, maka korek api tersebut akan tetap menyala
5.  Masukkan Madu Asli ke dalam kuning telur.
Madu Asli dapat membuat matang kuning telur seolah-olah kuning terlur tersebut sudah direbus dengan air hangat
6.  Panaskan Madu Asli
Madu Asli jika dipanaskan dan kemudian di dinginkan, maka madu akan tetap lembut dan tidak menjadi kelas atau kental sekali.
7.  Rendam daging kedalam Madu Asli
Daging yang direndam dengan madu asli beberapa hari, akan mengalami pengecilan bentuk, mengeras dan tidak bau. Sedangkan madu palsu membuat daging tetap bentuknya tapi berbau busuk.
8.  Madu Asli terpisah dari air
Tuang madu asli kedalam gelas yang berisi air, maka madu akan langsung jatuh pada dasar gelas, tidak terurai langsung dengan air, kecuali langsung diaduk.
9.  Madu Asli tidak cepat kering
Jika madu asli dituangkan dalam tempat terbuka, maka madu akan tetap seperti bentuk semula tanpa mengalami kekeringan atau perubahan bentuk sedikitpun.
10.   Madu Asli tidak disukai semut Merah
Teteskan atau tuangkan madu ke tempat terbuka yang banyak semut merahnya, maka semut merah akan mendekat dan kemudian pergi tanpa mencicipi madu, namun semut hitam halus masih menyenangi madu Asli.

Selain cara tradisional diatas tentunya uji laboratorium adalah cara paling valid untuk menguji keaslian dari madu. Karena pada saat ini sangat banyak penjual madu melakukan campuran terhadap madu asli untuk kepentingan bisnis semata. Mereka dapat mengatur warna dan kekentalan/kadar air madu palsu seolah-olah madu asli.


No comments:

Post a Comment