"Dan Tuhamu mewahyukan kepada lebah: "Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohonkayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia."(16: 68)

"Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan"(16: 69)

Pages

Friday, August 28, 2015

Apakah Madu Asli bisa kadaluarsa ?

Apakah Madu Asli bisa kadaluarsa ?

Pertanyaan ini sering muncul dikarenakan hampir semua orang berpendapat bahwa semua makanan dan minuman pasti ada masa kadaluarsanya. Bagaimana dengan Madu ?
Menurut research yang dilakukan madu asli yang disimpan pada tempat tertutup akan tetap stabil tidak akan berubah kualitasnya meskipun dalam waktu yang lama, 10 tahun atau bahkan 100 tahun.


Kenapa bisa begitu ??

Karena madu asli memiliki tingkat keasaman (pH) yang sangat tinggi, yaitu sekitar 3,5 ~ 6,1 hal ini mengakibatkan mikroorganisme sulit untuk berreproduksi atau berkembang biak. Selain itu madu asli mempunyai kadar air yang sangat rendah antara 15% ~ 20% sehingga mikroorganisme semakin sulit untuk dapat bertahan hidup pada madu asli.


Baca Artikel lainnya :

No comments:

Post a Comment